ECOPRINT, Menghasilkan Warna Indah dengan Teknik yang Ramah Lingkungan

Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraakatuh

Hai Bioners!!

Selamat datang di Bisite, disitus milik Hima Biologi UHAMKA yang berisi info-info terkini, terpercaya dan pastinya bermanfaat untuk kita semua.. nah bioners kali ini HIMABIO akan ada kegiatan Workshop SPOROFIT lohh, di acara ini kita akan belajar membatik dengan teknik ecoprint, sebelum kalian ikut acaranya simak dulu yuk info tentang ecoprint..

ecoprint itu apa sih ?

            Sesuai namanya ecoprint dari kata "eco" asal kata ekosistem (alam) dan "print" yang artinya mencetak. Batik ecoprint dibuat dengan cara mencetak dengan bahan-bahan yang terdapat di alam sekitar sebagai kain, pewarna, maupun pembuat pola motif. Bahan yang digunakan pun terdapat di alam berupa dedaunan, bunga, batang bahkan ranting. Karena itulah batik ini sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran air, tanah atau udara.

Kira-kira bagaimana ya teknik membuat ecoprint?

            Untuk menghasilkan motif ecoprint yang indah ada beberapa teknik yang dapat digunakan. Di antaranya yakni pounding (dipukul) dan steaming (dikukus). Untuk pounding, daun yang telah dikumpulkan disusun sesuai keinginan diatas kain putih kemudian dilapisi plastik, lalu dipukul-pukul hingga daun mengeluarkan warna alami hingga bentuk dan tulang daun dapat terlihat. Kain yang selesai dipukul-pukul, lalu didiamkan beberapa malam. Tujuannya, agar warna daun kering dapat melekat pada kain.

            Sedangkan, teknik steaming (dikukus) merupakan proses lanjutan dari pounding. Jika proses pounding yakni dipukul kemudian didiamkan, maka steaming lantas mengukus kain di dalam panci. Kain tersebut dilapisi dengan plastik kemudian dilipat atau digulung dan diikat dengan rafia dan dikukus. Pengukusan dilakukan kurang lebih selama 2 jam. Usai dikukus, kain ecoprint  dibuka dari ikatan kemudian dikeringkan, lalu setelah kering kain direndam air tawas ataupun tunjungan (fiksasi). Tujuannya yaitu agar warna daun tidak luntur saat dicuci.

Nah, menurut kalian selain ramah lingkungan manfaat dari ecoprint itu apa saja? komen dibawah beserta nama lengkap kalian yaaa

 

Biioners

Sekian dulu ya informasi dari Bisite. Kami tunggu di workshop ecoprint

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tetap semangat, jaga kesehatan

Salam Literasi, salam Lestari, Salam Konservasi

#workshop

#workshopnasional

#ecoprint

#meneliti

#mensyukuri

#fantasticbiologi

#pendidikanbiologi

Komentar

  1. Dewi Kumalasari p.bio UAD
    Manfaat utama dari batik ecoprint yaitu mengenalkan budaya warisan batik dengan teknik ecoprint yang ramah lingkungan ke seluruh dunia, yang kedua media yang digunakan tidak terbatas hanya kepada kain, tapi bisa ke semua media yang mampu menyerap warna alami dari dedaunan dan akar-akaran, selanjutnya yaitu mengurangi penggunaan bahan kimia yang berbahaya untuk lingkungan, menciptakan peluang kerja untuk masyarakat dan para petani yang menyalurkan hasil tanamannya untuk diolah menjadi pewarna alami batik ecoprint.

    BalasHapus
  2. Nama : Renna Permatasari
    Jawaban :
    Manfaat Yang lain pastinya nilai estetikanya untuk keindahan 'fasion' itu sangat bagus, kalau ecoprint bisa di kembangkan lagi bisa saja menjadikan produk yang sangat digemari oleh masyarakat lokal maupun luar karena ecoprint ini hasil produk dari karya anak bangsa👍

    BalasHapus
  3. Asrul Vanny Aklan
    menurut pendapat saya, manfaat dari ecoprint adalah karena pada ecoprinting menawarkan output desain yang fresh, natural dan artistik sehingga ecoprint 1.meningkatkan daya beli masyarakat, karena berbeda dari yang lain.
    2. mencegah gangguan masyarakat, karena ecoprin sendiri ini menggunakan bahan alami dan bisa di jadikan alat kampanye lingkungan, untuk bisa mencintai produk produk bahan bahan alami yanh ramah lingkungan.

    BalasHapus
  4. Nama: Annisa Mukharomah
    Jawaban:
    Manfaat dari ecoprint yaitu selain dapat memperkenalkan batik indonesia ke kalangan yg lebih luas lagi, ecoprint dapat dijadikan alternatif membuat batik untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Dan modal yang digunakan untuk membuat ecoprint sangat lah mudah dicari dan tidak terlalu mahal

    BalasHapus
  5. Perkenalkan saya meli Oktiani dari Banyumas mau menambahkan manfaat dari ecoprint yaitu :
    1. Bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif cara untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan ekosistem akibat limbah kimia pabrik tekstil
    2. Tidak begitu banyak mengeluarkan modal
    3. Hasil corak dari Ecoprint lebih ekslusif
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. Ecoprint sangat menarik selain ramah lingkungan bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi dengan desain eksklusif yang membuat hasilnya good looking dan berkelas. Bisa juga dijadikan peluang bisnis percetakan karena masih sedikit yang mengetahui ecoprint ini jadi kompetitor masih sedikit. Semoga bisa lebih dikenal lagi dikalangan masyarakat agar limbah tekstil bisa diminimalisir dengan menggunakan bahan dari alam seperti ini ☺

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama: Fairuz Nabila Khansa
    Manfaat ecoprint selain ramah lingkungan yaitu:
    1. Media yang dipakai dalam Ecoprint tidak terbatas pada kain saja, namun segala benda yang mampu menyerap warna alami dari dedaunan dan bunga-bunga bisa dipakai.
    2. Dibandingkan dengan kain polos atau yang bercorak dengan teknik digital printing produk kain yang dihasilkan dengan teknik eco printing jauh lebih eksklusif.
    3. Selain desainnya tampak eksklusif, produk-produk ecoprinting juga lebih terkesan good looking dan nampak berkelas.
    4. Karena belum digeluti banyak orang eco printing justru menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena kompetitor jadinya masih sedikit.
    5. Inovasi desain di bidang eco printing sangatlah fleksibel, dimana kita dapat terus meningkatkan kualitas produk dengan mengembangkan tekniknya terus-menerus.

    BalasHapus
  9. Shabrina Salsabila dari FAI UHAMKA
    menurut saya selain ramah lingkungan, aestethic dari batik nya pun semakin keren. bisa memunculkan kreativitas2 lainnya, mungkin dari bahan alam ini bisa dikembangan menjadi lebih luas kedepannya, sehingga kreativitas para pemuda tanpa batas. Dan juga ecoprint ini menurut saya ramah keuangan jga, yaitu tidak memakai banyak dana. Karena dari bahan nya pun bahan alam.
    Dan satu lagi, batik adalah corak khas Indonesia, maka ecoprint ini bisa membawa nama baik indonesia. Karena nilai2 batik nya pun berharga.
    Sekian 🙏

    BalasHapus
  10. Nama:Maria Rosalia Bunda
    Jawaban:
    Selain manfaat dari ecoprint itu adalah rama lingkungan menurut saya manfaat dari ecoprint itu sendiri pasti sangat banyak tetapi yang sangat penting dari ecoprint itu sendiri ialah di mana ia bisa menciptakan karya atas pemikiran yang sangat luar biasa di mana ia berimajinasi dengan membuat suatu karya dari alam tanpa harus merusak karya dan alam itu sendiri manfaatnya mengurangi pemakaian bahan kimia dan produk mahal dan juga pasti lebih natural dan adanya cinta alam ,budaya dan rasa sosial yang tinggi.

    BalasHapus
  11. Nama : Alexander Grahambell

    1. Nilai estetika, karena menggunakan media yang jarang digunakan
    2. Ramah lingkungan, karena pengerjaan manual
    3. Corak yang indah dari dedaunan
    4. Pengeluaran biaya yang relatif sedikit

    BalasHapus
  12. Nama saya khaira wilda
    Manfaat lainnya pasti meningkatkan budaya indonesia yang berbentuk batik, sehingga tidak mudah punah dan dikenal banyak orang. Dan juga meningkatkan eksistensi batik, yg awalnya tidak sukai oleh kaum milenial.
    Selain itu, batik ecoprint jiga menggunakan bahan yang tidak susah dicari atau berada disekitar kita.

    BalasHapus
  13. Nama: Ikin
    Inspirasi banget buat aku yang sedang ingin mengenalkan jenis flora untuk anak2 desa peyanggah taman nasional. Ecoprint ini ramah lingkungan karena menggunakan bahan yang bisa didapati disekitar kita. Seperti suku Dayak Iban yang membuat pewarna tenunnya dengan daun daun disekitar hutan. Menurut aku juga tidak terlalu susah buatnya, cukup simple dan hemat tenaga, hehehe. Terlebih kita juga sambil mengasah kreativitas kita dalam berkesenian khususnya dalam bidang kolase dan sablon. Terimakasih himabio uhamka sudah menginspirasi kita semua.

    BalasHapus
  14. Nama: Moh Alfan Nugroho
    Batik ecoprint dibuat dengan cara mencetak dengan bahan-bahan yang terdapat di alam sekitar sebagai kain, pewarna, maupun pembuat pola motif. Bahan yang digunakan pun terdapat di alam berupa dedaunan, bunga, batang bahkan ranting. Karena itulah batik ini sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran air, tanah atau udara.

    BalasHapus
  15. Temennya alexander grahambell sama ikin (@cek.lis)
    1. Termasuk ke dalam batik kontemporer yang memiliki khasanah batik etnik dan unik, berbeda dengan batik cap ataupun batik tulis.
    2. Bahan yang digunakan ramah lingkungan seperti daun dan bagian lain dari tumbuhan. Tidak seperti batik tulis maupun batik cap yang menggunakan bahan sintesis.
    3. Biaya relatif terjangkau dan mudah untuk diaplikasikan.
    4. Desainnya nampak ekslusif serta motif dan warnanya akan berbeda, walaupun dibuat dari jenis dan tumbuhan yang sama.
    5. Serat-serat pada tumbuhan menjadikan ke unikan tersendiri pada batik ecoprint.

    BalasHapus
  16. Nama: Chitra Ramadhani Dwidetya
    Menurut saya:
    1. Ecoprint menghasilkan pola visual yang menarik, unik, dan motif yang ditimbulkan dipandangakan selalu berbeda meskipun memakai daun dari tumbuhan yang sama serta belum banyak dipandanga oleh banyak orang sehingga dapat menjadi peluang bisnis

    2. Dengan menggunakan teknik Ecopaint, dapat mengurangi limbah kalin dan biaya yang di keluarkan cukup terjangkau

    3. Salah satu alat untuk mengkampanyekan lingkungan sekaligus memperkenalkan batik keseluruh dunia.

    4. Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tanaman-tanaman serta mengasah inovasi dan kreativitas yang membuatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Dhanti Cynthia Prameswari

      Bagi saya pribadi alam merupakan salah satu bagian anugerah dari tuhan yang patut disyukuri, dinikmati dan dimanfaatkan keberadaannya.

      Salah satunya banyaknya jenis tumbuhan yang bisa menjadikan sebuah inovasi.

      Penggunaan ecoprint juga dapat menunjukan bahwa alam pun dapat memberikan warna dalam karya. Membentuk untaian kain yang indah. Hal tersebut tentunya juga dapat menaikan eksistensi alam indonesia dalam balutan produk lokal yang bisa menaikkan daya beli masyarakat bahwa produk lokal dan hasil alam kita ini juga bagus lho agar masyarakat lebih cinta dan mensyukuri akan hadirnya alam.

      Tentunya, diluar manfaat itu juga ecoprint mengurangi adanya penggunaan bahan kimia guna mencegah gangguan kesehatan pada pengrajinnya.

      Dengan lingkungan pastinya produk ramah lingkungan ini bisa mengatasi limbah tekstil dengan teknik ecoprint.

      Diluar itu, produk hasil alam ini dapat meningkatkan harga jual produk lokal.

      Hapus
    2. nama:Rahmadiani
      Ecoprint sangat ramah lingkungan dan menhasilkan pola yang menarik

      Hapus
  17. Nama:Fatimah Fajar
    Jawaban:Ecoprint ini keren.tekhnik membatik yang inovatif.Bisa menjadi bisnis kekinian yang digandrungi milenial,sebab tekhniknya bisa dipelajari pemula & harganya juga pasti ekonomis 👍

    BalasHapus
  18. Nama : Nanda Agustifani Nur Kharisma
    Menurut saya, manfaat lain dari ecoprint adalah kita sebagai pemula dalam membatik dapat berkreasi dengan bebas dengan tidak terbatasnya alat dan juga bahan yang digunakan. Ecoprint ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas sehingga ini dapat dijadikan sebagai peluang untuk berbisnis. Nah, karena ecoprint belum banyak diketahui masyarakat, kita dapat mengedukasi kepada masyarakat tentang ecoprint. Mulai dari alat dan bahannya, teknik pembuatannya serta kemudahan-kemudahan yang diberikan pada teknik ecoprint ini.

    BalasHapus
  19. Nama = BRIGITA KRESNA WATI
    Ecoprint sangat bermanfaat juga bagi para usaha kecil menengah dengan mengembangkan ketrampilan inovasi desain dan bakat, sehingga para UKM dapat mengahasilkan laba yang maksimum.
    Karna, bahan dari Ecoprint ini bisa sangat mudah dan murah di dapatkan.
    Eco ptinting bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif cara untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan ekosistem akibat limbah kimia pabrik tekstil.

    BalasHapus
  20. Nama: Lusi Triyesti Handayani
    Tentu saja ecoprint sangat bermanfaat di bidang tekstil, clothing dan seni mewarnai. Sebab menawarkan output desain yang fresh, natural dan artistik. Keunikan dari teknik ecoprinting ini ada pada hasil coraknya yang tidak pernah sama antara satu dengan yang lainnya. Warnanya pun cenderung berbeda. Sebab ecoprinting ini ibarat bermain dengan peluang. Meski proses buatnya sama, sketsa motifnya sama, namun nantinya saat hasil akhir bisa beda-beda.

    BalasHapus
  21. Nama: Dhista Tri Utami
    Jawab:
    Meningkatkan nilai estetik, keindahan juga keunikan. Sehingga bisa meningkatkan harga jual karena semakin unik hasil dari ecoprint tersebut maka semakin tinggi harga jualnya. Dan bisa sebagai peluang usaha serta menciptakan lapangan kerja untuk orang-orang terdekat.

    BalasHapus
  22. Nama : Lintang Suci Kurniavy

    Menurut saya manfaat dari ecoprint ini selain dapat menghasilkan nilai estetik dan keindahan juga memberikan dampak kepada kita untuk terus mengingat bahwa seni kreatifitas tak hanya menggunakan pewarna buatan saja yang dimana kita tahu pembuatannya menghasilkan sisa limbah yang berbahaya, tetapi kita dapat memanfaatkan pewarna alam. Yang dapat kita peroleh dari dedaunan yang telah berguguran. Disini secara otomatis tanpa kita sadari, kita ikut dalam proses mendaur ulang sampah organik menjadi lebih bermanfaat.

    Selain kita memanfaatkan sampah organik, kita pun juga dapat menghemat biaya produksi untuk pembelian pewarna.

    BalasHapus
  23. Abid Nurhuda

    Mempunyai nilai estetika jangan lupa mampir di blog saya gaess

    BalasHapus
  24. Selain ramah lingkungan, manfaat lain yang didapat dari ecoprint yaitu untuk memperkaya keterampilan dan kreativitas seni yang ada dalam diri kita pastinya, yakni dengan memadupadankan pembelajaran seni dengan pembelajaran mengenai lingkungan karna bahan yang digunakan diambil dari lingkungan sekitar tanpa harus membeli dengan harga mahal. Kendati sederhana, teknik ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan serta secara tidak langsung dapat mendukung keterampilan motorik yang ada pada diri kita, dan nantinya dengan teknik ini akan menghasilkan pakaian bertemakan ecofriendly, dan membuktikan bahwa alam dapat menjadi sumber inspirasi yang tidak terbatas.
    (Rismala Arofi)

    BalasHapus
  25. Nama : Aysa balqis zhafirah putri suharto
    Jawaban :
    Menurut saya ecoprint ini sangat mengemat uang karena menggunakan bahan alami ya itu dari alam, sehingga dapat dikembangkan menjadi kreativitas oleh para pemuda. Karena batik adalah corak indonesia, maka ecoprint dapat membawa nama baik Indonesia karena nilai batik sangat berharga bagi kebudayaannya indonesia.

    BalasHapus
  26. Menurut saya mengurangi kerusakan lingkungan dan menghasilkan pola yg menarik,unik,dan motifnya berbeda-beda

    BalasHapus
  27. Manfaat dari batik ecoprint yaitu mengenalkan budaya warisan batik dengan teknik ecoprint yang ramah lingkungan ke seluruh dunia yang merupakan warisan dalam negeri

    BalasHapus
  28. Nama : Hasna Ainaya Fauziyah
    Ecoprint itu sangat bermanfaat, dapat menghemat biaya dan memanfaatkan bahan-bahan alami karena nilai keindahan motif-motif itu perpaduan yang sangat indah...

    BalasHapus
  29. dengan adanya batik yang ramah lingkungan yang melestarikan alam serta tidak merusak alam sehingga perlu dikenal oleh seluruh penjuru dunia

    BalasHapus
  30. Nama : Ayu Fadila
    Ecoprint sendiri sangat bermanfaat sekali yaa dan juga ramah lingkungan karena memakai bahan bahan yang alami semoga dengan batik ecoprint ini bisa terus melestarikan dan membuat batik khas Indonesia lebih mendunia

    BalasHapus
  31. Fina Aenilah
    Selain dari ramah lingkungan
    Pemanfaatan bahan dari alam pun dapat mengurangi biaya produksi
    Selain itu juga bahan yang digunakan pun mudah ditemukan dan tersedia melimpah dialam
    Dan pembuatan dengan teknik ecoprint ini juga bisa dijadikan upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan

    BalasHapus
  32. Nama saya , Diana Rohmah Larasati. Manfaat dari eco print sendiri selain ramah lingkungan yaitu meningkatkan daya jual fashion itu sendiri. Karna selain unik, eco print bisa dijadikan fashion terutama bagi orng yang fashionable.

    BalasHapus
  33. Nama : I Made Surya Adi Wirawan Putra Sadha
    Menurut saya,Ecoprint itu sangat bermanfaat, dapat menghemat biaya dan memanfaatkan bahan-bahan alami karena nilai keindahan motif-motif itu perpaduan yang sangat indah dan Meningkatkan nilai estetik juga keunikan. Sehingga bisa meningkatkan harga jual karena semakin unik hasil dari ecoprint tersebut maka semakin tinggi harga jualnya. Dan bisa sebagai peluang usaha serta menciptakan lapangan kerja untuk orang-orang terdekat.

    BalasHapus
  34. Dwi Chaerunisah dari Uhamka mau berpendapat, manfaat ecoprint lebih praktis dan ekonomis ingin membuat batik tidak perlu modal yang besar pake modal yang kita punya dulu kayak modal nya yang bisa di gunakan yang terlihat sama kita kaya daun pohon ranting sangat mudah bahannya dan gampang di jangkauan dengan modal seperti itu kita bisa membuat batik yang unik dan bisa memperluas batik Indonesia dengan keinginannya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini