Dinosaurus

 

Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraakatuh

Hai Bioners!!

Selamat datang di Bisite, disitus milik Hima Biologi UHAMKA yang berisi info-info terkini, terpercaya dan pastinya bermanfaat untuk kita semua.. Kali ini kita mau bahas tengtang Dinosaurus nih, baca selengkapnya ya..

 

Apakah dinosaurus itu?

Dinosaurus ini merupakan kelompok  hewan purbakala yang sangat besar dari melebihi makhluk hidup yang ada. Dinosaurus memilik ciri spesifik, yaitu:

a.        Hidup di era Mesozoikum, disebut zaman sekunder (zaman hidup kedua) dan disebut juga zaman reptil sebab muncul reptil yang besar seperti Dinosaurus dan Atlantosaurus.

b.        Termasuk Reptilia

c.         Tungkai berada di bawah badannya sehingga dapat berdiri tegak

 

Bagaimana zona waktu kehidupan dinosaurus?

Dunia yang dihuni oleh Dinosaurus terlihat jauh berbeda dari dunia yang kita ketahui saat ini. Dinosaurus hidup pada era Meozoikum yang terdiri dari Periode Triasik yang berlangsung dari 245-208 juta tahun yang lalu, Periode Jurasik dari 208-145 juta tahun yang lalu dan Periode Kretaseus dari 145-65 juta tahun yang lalu dan kemudian musnah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum Era Mesozoikum.

 

Lalu, seperti apa vegetasi dan iklim disana?

Permukaan benua yang dahulu pastinya berbeda dengan yang sekarang. Sebagian besar tanaman yang kita kenal saat ini belum ada di era Mesozoikum. Contohnya sebelum Periode Kretaseus belum ada tanaman berbunga namun di akhir Periode Kretaseus sudah ada tanaman berbunga. Temperatur juga berubah-ubah. Pada Periode Triasik umumnya temperature hangat. Namun ketika massa daratan mulai terpisah, temperature di seluruh bumi mulai bervariasi.

 

Seperti apa sih jenis dinosaurus yang pernah hidup di bumi itu?

1.   Dinosaurus Tyronnosaurus Rex dan Brontosaurus atau Apatosaurus 

ü  Tyronnosaurus Rex

T-Rex juga dikenal sebagai predator ganas dengan gigitan tertajam di antara binatang purba lainnya.

 

ü  Brontosaurus atau Apatosaurus

Apatosaurus atau yang biasa dikenal dengan Brontosaurus merupakan salah satu jenis dinosaurus yang memiliki leher panjang dan tubuhnya bisa mencapai 26 meter dengan berat 32 ton. Habibat Brontosaurus ini ada di tepi danau dan hutan serta termasuk ke dalam binatang herbivora.

 

2.        Dinosaurus Triceratops dan Velociraptor

ü  Triceratops

Jenis dinosaurus yang satu ini terkenal dan biasa disebut Tritop. Ini merupakan jenis dinosaurus yang memiliki tiga tanduk dengan badan yang besar. Tanduknya memiliki fungsi untuk menyerang musuh. Panjang tanduk Tritop ini bisa mencapai 9 meter, dengan tingginya mencapai 3,8 meter, dan beratnya 6,8 ton.

           

ü  Velociraptor

Jenis dinosaurus ini biasa disingkat dengan Raptor saja. Merupakan jenis dinosaurus pemangsa yang mirip dengan si T-Rex. Namun si Raptor ini ukurannya lebih kecil dari T-Rex. Jenis ini biasanya hidup berkelompok dan tergolong sebagai dinosaurus yang cerdas. Mereka biasa memangsa dengan menggunakan strategi pengalih perhatian.

3.        Dinosaurus Compsognathus dan Spinosaurus

ü  Compsognathus

Merupakan jenis dinosaurus dengan ukuran yang kecil. Bahkan ukurannya hanya mencapai 60 cm atau sebesar ayam saja, sehingga dinosaurus ini diperkirakan sebagai jenis dinosaurus terkecil di dunia. Mereka hidup secara berkelompok dan mirip dengan T-Rex dan Raptor.

ü  Spinosaurus

Merupakan jenis dinosaurus terbesar di dunia sepanjang sejarah. Merupakan theropoda raksasa yang dapat tumbuh hingga 15 meter dengan tinggi sekitar 5 meter dan berat mencapai 7,6 ton. Panjang tengkorak Spinosaurus ini mencapai 1,75 meter dengan seratus gigi-gigi runcing yang lurus sepanjang kira-kira 17 cm.

 

 

4.        Dinosaurus Ankylosaurus dan Megalosaurus

ü  Ankylosaurus

Merupakan jenis dinosaurus dengan tubuh sepanjang 9 meter. Sedangkan beratnya mencapai 9 ton. Dinosaurus ini memiliki cangkang tubuh yang keras sebagai perisai pertahanan. Pada bagian ekornya, terdapat bola dari batu dengan berat sekitar 5 kilogram sebagai alat untuk menyerang hewan.

ü  Megalosaurus

Jenis dinosaurus ini dianggap sebagai dinosaurus yang pertama kali ditemukan. Dinosaurus jenis ini merupakan yang terbesar pada zaman pertengahan jurasik. Ukurannya bisa tumbuh hingga 9 meter sedangkan tingginya bisa mencapai 3 hingga 4 meter dengan berat sekitar 3,5 ton.

5.   Dinosaurus Stegosaurus dan Shantungosaurus

ü  Stegosaurus

Jenis dinosaurus ini merupakan yang paling mudah diidentifikasi, karena identik dengan memiliki baris sisik yang saling silang di punggungnya. Serta memiliki dua pasang duri panjang pada ekornya.

 

ü  Shantungosaurus

Jenis dinosaurus ini tidak memiliki tubuh yang begitu besar. Ya, dinosaurus ini merupakan salah satu dinosaurus non-sauropoda terbesar yang pernah berjalan di Bumi. Memiliki paruh bebek ini berukuran panjang 15 meter dan beratnya sekitar 15 ton. Terlepas dari ukurannya, diyakini dinosaurus ini ternyata bisa berlari dengan dua kaki belakangnya ketika dikejar oleh burung rapuh dan tyrannosaurus di habitat timur Asia.

 

Berikut merupakan Klasifikasi Serta Deskripsi Spesies Troodon dan Velociraptor

1)   Troodon

Kerajaan:

Animalia

Filum:

Chordata

Kelas:

Sauropsida

Superordo:

Dinosauria

Ordo:

Saurischia

Subordo:

Theropoda

Famili:

Troodontidae

Genus:

Troodon

 

Troodon termasuk kecil di kalangan dinosaurus lainnya yang sezaman seperti Tyrannosaurus rex,Triceratops,dan Titanosaurus. Panjangnya 2,4-3,5 m dengan tinggi sekitar 1,7 m dan berat 55 kg. Walaupun demikian, Troodon memiliki indra pengelihatan yang tajam, didasari oleh rongga mata mereka yang sangat besar. Dinosaurus ini juga bisa dibilang pasti cukup lincah,cepat dan cerdas karena otak mereka yang besar.Troodon, sebagaimana kelompok Dromaeosaurida lain, memiliki rahang panjang dengan gigi-gigi kecil, leher yang panjang, dan ekor yang ramping serta cakar sabit di kedua kakinya,walau cakar ini tidak sebesar milik Utahraptor atau Deinonychus. Troodon berburu berkelompok dan makan dinosaurus lain yang bahkan lebih besar seperti Edmontosaurus, Corythosaurus, dan Parasaurolophus yang termasuk kelompok Ornithopoda.


Fakta menarik Troodon:

a)   Pemburu yang gesit ini mempunyai cakar yang tajam di kedua tangan dan kakinya serta memangsa apapun yang cukup kecil dan lambat sehingga dapat ditangkap

b)   Kesukaan Dokter Gigi

Dinosaurus ini mendapat julukan sebagai dinosaurus yang disukai oleh dokter gigi karena gginya yang sangat menarik dan berbeda dari dinosaurus pada umumnya. Bentuk giginya nyaris segitiga dengan pinggir yang berduri kecil di kedua sisinya dan giginya sangat tajam. Troodon memiliki jumlah gigi yang sangat banyak, yaitu lebih dari 100 gigi

c)   Pandai

Para peneliti menetapkan bahwa Troodon kemungkinan adalah dinosaurus yang paling cerdas. Otaknya yang besar memiliki berat yang lebih besar dibanding berat badannya. Troodon juga memiliki mata yang besar dan tajam sehingga dapat melihat dengan jelas walaupun hari telah petang. Dan dengan kecepatannya yang tinggi, Troodon menjadi pemburu yang sangat mahir

 

2)   Velociraptor

Kerajaan:

Animalia

Filum:

Chordata

Kelas:

Sauropsida

Superordo:

Dinosauria

Ordo:

Saurischia

Subordo:

Theropoda

Famili:

Dromaeosauridae

Genus:

Velociraptor

 

Velociraptor hidup di akhir Zaman Kretasius sekitar 65-71 juta tahun yang lalu. Ia termasuk dalam sub-ordo Dromaeosaurida yang memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 7 kaki (2,5 meter) dan tinggi 3 kaki (1 meter) dan berat sekitar 20-60 pound (10-20 kilogram).

 

     Fakta menarik Velociraptor:

Dinosaurus yang selalu berkelompok ini dikenal sebagai dinosaurus yang tak pernah lapar untuk waktu yang lama. Hal ini dikarenakan walaupun tidak berukuran besar, namun memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi dan sangat mampu dalam bekerja sama.

        a.     Ditarik dan Dikunyah

Velociraptor memiliki cakar yang sangat tajam guna mengoyak tubuh mangsa. Namun, dengan lengan yang cukup kuat, cakar tersebut juga dapat digunakan untuk berpegangan terutama ketika sedang berburu hewan yang lebih besar dibandingkan tubuhnya. Velociraptor akan melompat ke arah mangsa dan berpegangan dengan cakarnya. Kemudian velociraptor akan mecabik-cabik daging dengan cakar tersebut dan juga giginya yang sangat tajam hingga mangsanya jatuh dan mati.

        b.     Kanibal

Walaupun makanan favoritnya adalah Protoceratops dan Hadrosaurus, Velociraptor juga kerap memangsa sesama jenis. Hal ini dibuktikan dengan kelompok fosil yang ditemukan, memiliki lobang-lobang yang merupakan bekas dari cakar Velociraptor pula. Namun belum ditemukan pasti, apakah hal ini dikarenakan kehabisan makanan sehingga memangsa kelompok Velociraptor lainnya? Ataukah sedang berebut pasangan? Atau terjadi perselisihan perebutan makanan? Yang jelas, banyak Velociraptor yang mati dengan bekas cakar dan gigitan Velociraptor pula.

 

 

 

Wahh.. Ternyata banyak juga ya jenis Dinosaurus dizaman Purbakala itu. Jadi lebih tau deh sekarang.

Biioners

Sekian dulu ya informasi dari Bisite. Terus ikuti info dari Bisite ini ya…

Tetap semangat, jaga kesehatan.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Salam Literasi, salam Lestari, Salam Konservasi

#meneliti

#mensyukuri

#fantasticbiologi

#pendidikanbiologi

 

 

 

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Ichthyosaurus

https://www.gurupendidikan.co.id/zaman-mesozoikum/

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3920396/jenis-dinosaurus-yang-pernah-hidup-di-bumi-ada-yang-berukuran-kecil

https://id.wikipedia.org/wiki/Troodon

https://id.wikipedia.org/wiki/Velociraptor

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini