Si Kecil Berkantung – Dendrolagus mayri

 

Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraakatuh

Hai Bioners!!

Selamat datang di Bisite, situs milik Hima Biologi UHAMKA yang berisi info-info terkini, terpercaya dan pastinya bermanfaat untuk kita semua.. Kali ini kita akan membahas tentang Dendrolagus mayri, si kanguru pohon asal Pegunungan Wondowoi Papua Barat. Waw, ada kanguru dari Indonesia? Seperti apa yaa hewan ini? yuk baca selengkapnya ya..

 

 

Kanguru Wondiwoi adalah salah satu mamalia yang paling tidak dikenal di dunia, karena tak banyak orang di dunia tahu keberadaan hewan ini . Kanguru ini masuk dalam keluarga marsupial, Kanguru Wondiwoi sedikit berbeda dengan saudaranya di Australia. Hewan endemik Papua ini dapat dikatakan sebagai omnivora. Kangguru ini pertama kali ditemukan oleh ahli biologi evolusi legendaris, Ernst Mayr, saat ia bertandang ke Pegunungan Wondiwoi, Papua Barat pada tahun 1928. Saat itu, ia berhasil menembak kanguru Wondiwoi yang saat ini menjadi koleksi di National History di London. Pada tahun 1933, hewan ini diidentifikasi sebagai dendrolagus mayri.

 

Bagaimana klasifikasi Kanguru ini yaa?

Klasifikasi Kanguru Wondiwoi:

Kerajaan          : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Mammalia

Ordo                : Diprotodontia

Famili              : Macropodidae

Genus              : Dendrolagus

Spesies            : Dendrolagus mayri

 

Seperti apa ya ciri-ciri dari Kanguru Wondiwoi ini?

1.       Perawakannya mirip dengan musang, namun sedikit lebih besar.

2.      Berdasarkan satu-satunya spesimen yang ditemukan Ernst Mayr, kanguru endemik Papua ini mempunyai berat sekitar 9,25 kg, dengan bulu berwarna hitam suram dengan beberapa bagian yang berwarna kekuningan.

3.      Bayi kangguru endemik Pegunungan Wondiwoi, Papua Barat, mirip dengan anak beruang yang bergelantungan di atas pohon.

4.      Habitat Kanguru ini diperkirakan di daerah hutan pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.600 meter dpl. Daerah sebarannya terbatas di semenanjung pegunungan Wondiwoi Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat

5.      Makanan kesukaannya adalah daun dan buah. Selain itu, kanguru khas pulau Papua ini juga memakan biji-bijian, bunga, getah, telur, anak burung, dan bahkan kulit (omnivora).

 

Kalian Tau gak sih fakta menarik yang dimiliki kanguru ini?

Kanguru Wondiwoi ini Mampu melompat hingga 9 meter dalam 1 kali lompatan. Waww, sangat unik ya hewan endemik ini…

 

Lalu bagaimana ya status konservasi Kanguru Wondiwoi?

Hewan yang kerap disebut kangguru Wondiwoi ini, keberadaannya lama dianggap punah atau hampir punah. International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List, Organisasi Internasional mengenai spesies yang terancam punah memperkirakan jumlah populasinya tak sampai 50 ekor.

 

Ternyata hewan endemik asal Papua ini keberadaan dikatakan hampir punah karena kerap diburu untuk daging dan kulitnya. Populasinya berkurang bersamaan dengan menipisnya persediaan makan di habitat aslinya. Semoga setelah membaca informasi ini kita dapat  menjaga bumi kita bersama ya Bioners..

Sekian dulu ya informasi dari Bisite. Terus ikuti info dari Bisite ya…

Tetap semangat, jaga kesehatan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Salam Literasi, salam Lestari, Salam Konservasi

#meneliti

#mensyukuri

#fantasticbiologi

#pendidikanbiologi

 

Referensi:

http://www.iucnredlist.org/apps/redlist/details/136668/0

http://www.papuaweb.org/gb/ref/flannery-1996/118-119.html

https://beritapapua.id/kanguru-wondiwoi-hewan-langka-dunia-di-papua-barat/

 

Penulis: Fadita Nurul dan Sindu Asmara

Editor: Yolanda Hanif

Komentar

Postingan populer dari blog ini